Header Ads

Breaking News
recent

Tools yang Wajib Diketahui Blogger



Bagi seorang blogger, konten merupakan hal yang paling utama. Membuat dan memasarkan konten yang berkualitas bisa dibilang adalah kegiatan sehari-hari blogger.

Ada beberapa tool  yang dapat dimanfaatkan oleh para blogger untuk mendapatkan ide konten, mengoptimasi konten, dan mempromosikan konten tersebut.

Mendapatkan Ide Konten

Mencari ide untuk membuat artikel di blog jadi masalah paling utama bagi blogger. Banyak sekali blogger yang kehabisan ide bahasan (termasuk saya).
Untungnya ada beberapa website yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan ide topik di blog.

1. BuzzSumo

Salah satu tool yang paling populer bagi penulis artikel dan blogger, Buzz Sumo, sebetulnya bisa digunakan untuk berbagai hal termasuk mendapatkan ide untuk konten.
Caranya dengan memasukkan kata kunci yang diinginkan di website Buzz Sumo, kemudian akan muncul daftar artikel relevan dari berbagai website. Hasil pencarian ini juga bisa di-filter lagi supaya lebih akurat.
Yang menarik lagi, di samping judul-judul artikel yang muncul ada statistik seberapa banyak artikel tersebut di-share di social media. Dari situ kita bisa tahu artikel seperti apa yang populer.

2. QuickSprout

Selain untuk melihat analisa website yang kitamiliki, QuickSprout juga bisa digunakan untuk mendapatkan ide konten. Caranya, masukkan alamat blog yang menurut anda menarik dan relevan dengan topik blog anda. Bisa juga masukkan alamat blog sendiri.
Kemudian setelah muncul hasilnya, klik Social Media Analysis. Muncul daftar post atau artikel yang paling populer, selanjutnya mirip seperti BuzzSumo, kita bisa paham konten seperti apa yang populer sehingga kita juga bisa membuat konten yang populer.

3. Reddit

Reddit, gudangnya obrolan manusia di berbagai topik yang sayangnya diblokir oleh Menkominfo kita yang terhormat.
Bagi yang bisa akses ke Reddit, cari sub-reddit yang sesuai dengan topik blognya. Kemudian lihat apa yang dibahas oleh orang-orang disana, dari bahasan yang ada biasanya kita bisa temukan ide untuk bahan tulisan di blog.

4. Quora

Situs tanya jawab yang jauh lebih berkualitas daripada Yahoo Answer.
Follow topik-topik yang relevan kemudian kita akan disuguhi tanya-jawab yang populer di home feeds. Karena biasanya pertanyaan di Quora sudah ada jawaban yang bagus, kita bisa mendapatkan ide lebih lanjut untuk artikel.

5. HubSpot Blog Topic Generator

Tool yang satu ini simpel tapi to-the-point. Cara menggunakannya juga gampang, tinggal masukkan maksimal 3 keyword kemudian kita akan diberikan topik yang sesuai dengan keyword tadi.
Walaupun kadang-kadang topik yang diberikan gak nyambung, tapi tool ini lumayan berguna juga untuk mendapatkan ide tulisan.

Mengoptimasi Konten

Banyak orang yang biasanya sekedar asal tulis tanpa riset. Ada 2 tujuan optimasi konten:
  1. Untuk menghasilkan bahasan yang lebih berkualitas
  2. Agar lebih populer
‘Agar lebih populer’ disini bisa diartikan dan ditujukan kepada 2 hal, Search Engine dan pembaca. Artikel yang dioptimasi dengan baik akan lebih disukai pembaca dan mesin pencari.
Kesalahan terbesar dari blogger-blogger pemula yaitu terlalu mengoptimasi untuk mesin pencari, misalnya menumpuk keyword terlalu banyak. Artikel seperti ini malah akan jadi susah dibaca dan tidak akan disukai manusia.

1. Google Keyword Planner

Mestinya sebagian besar sudah tahu fungsi dari tool ini.
GKP bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan keyword apa yang banyak dicari oleh orang-orang. Dari situ, kita bisa sesuaikan penggunaan kata dalam judul dan teks dari artikel. Sekali lagi, jangan mengoptimasi berlebihan untuk mesin pencari.

2. Google

Setelah mendapatkan ide untuk konten, kita bisa memanfaatkan Google untuk memperdalam pengetahuan kita mengenai topik tersebut.
Kita bisa mendapat inspirasi dari tulisan orang lain untuk membuat artikel yang detail, mendalam, dan menarik. Tapi jangan menjiplak artikel orang lain tanpa ijin.

3. Yoast WordPress SEO Plugin

Untuk yang pakai WordPress, saya merekomendasikan plugin ini karena menurut saya ini yang paling bagus untuk SEO.
Dengan WordPress SEO Plugin kita bisa membuat konten yang teroptimasi dengan baik untuk search engine dan social media.

Mempromosikan Konten

Setelah membuat artikel yang berkualitas, langkah terakhir yang harus kita lakukan adalah mempromosikan artikel tersebut. Bergantung pada SEO saja tidak cukup, terutama untuk website baru.

1. Social Locker Plugin (WordPress)

Facebook, Twitter, Pinterest, Instagram, LinkedIn, dll. merupakan tempat paling bagus untuk mempromosikan artikel secara aktif maupun pasif.
Ada 2 kelemahan menggunakan social media, pertama kalau kita tidak punya follower dengan jumlah banyak yang relevan dengan topik blog kita. Promosi seperti ini bakal sia-sia. Kedua, orang-orang biasanya terlalu malas untuk klik tombol share di blog kita.
Dengan plugin Social Locker, kita bisa mengunci sebagian atau bahkan keseluruhan dari konten kita. Orang yang ingin melihat konten yang dikunci harus share dulu ke Facebook, Google+, atau Twitter.
Metode seperti ini harus digunakan dengan pintar, salah menggunakan justru akibatnya fatal.

2. Buffer

Dengan Buffer, kita bisa menjadwalkan kapan post kita akan diterbitkan di social media.

3. MailChimp

MailChimp adalah tool untuk membangun email list. Dalam jangka panjang, mengumpulkan alamat email dari pembaca blog akan sangat bermanfaat. Dengan MailChimp kita bisa mengajak pembaca untuk mendaftarkan email supaya setiap kali kita menerbitkan tulisan baru mereka akan mendapat email.
MailChimp gratis untuk 2.000 email pertama yang mendaftar. Alternatif lainnya yang populer yaitu Aweber dan GetResponse, keduanya berbayar.

4. Forum komunitas

Forum komunitas juga merupakan salah satu media yang paling populer untuk mempromosikan artikel secara aktif. Dengan aktif di situs komunitas, kita akan dikenal oleh orang lain dan tentunya mereka akan sadar dengan keberadaan website kita.
Gunakan Google untuk mencari forum dengan topik yang relevan. Untuk blog berbahasa Inggris, Reddit bisa jadi salah satunya.
Jangan pernah melakukan spam di situs komunitas.
Sekian beberapa tool yang berguna untuk penulis blog. Kalau ada yang tahu tool yang bagus lagi, silahkan dishare di komentar.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.