Header Ads

Breaking News
recent

Permasalahan Dalam Penggunaan Bitcoin dan Cara Mengatasinya

Permasalahan Dalam Penggunaan Bitcoin dan Cara MengatasinyaKetika Anda membaca atau mendengar berbagai berita bitcoin, Anda pasti tahu bahwa sampai sekarang ini, bitcoin termasuk mata uang virtual tentunya masih berkembang. Sehingga masih banyak permsalahan mungkin terjadi baik dalam proses transaksi maupun pembelian. Berikut adalah beberapa masalah berhubungan dengan mata uang digital seperti bitcoin dan alternatif cara penanggulangannya.

Pemahaman transaksi yang kurang
Sampai saat ini masih banyak anggota masyarakat mengganggap bahwa BTC termasuk mata uang virtual telah bisa menjadi salah satu investasi jangka panjang. Namun demikian, saat orang bertransaksi dengan BTC tidak paham betul resiko keuangan dapat terjadi di kemudian hari, maka investasi BTC bisa berakibat kerugian cukup besar. Pemahaman kurang ini umumnya menyangkut beberapa hal, seperti:

  1. Fluktuasi nilai BTC tidak stabil, dimana suatu waktu nilai BTC bisa melonjak tinggi sementara di waktu lain nilainya bisa menurun tajam. Hal tersebut tentu akan merugikan salah satu pihak jika melakukan transaksi jika harga ditransaksikan tidak dikalkulasi dengan benar. Oleh karena itu, untuk mengurangi resiko kerugian lakukan transaksi dengan model real time dengan sekali proses dealing. Dengan begitu, harga BTC yang ditransaksikan adalah benar harga saat proses jual beli terjadi.
  2. Kurangnya pengetahuan akan waktu investasi. Secara umum, Anda harus pintar mengatur kapan waktu Anda ingin melakukan transaksi dengan menggunakan bitcoin. Hal ini karena tak jarang, konsumen BTC tidak paham kapan waktu tepat untuk membeli, menjual, maupun mengambil BTC. Dengan begitu, tak jarang dana BTC didapat menurun tajam saat berniat mencairkan dana BTC tersebut. Jika sudah begitu, sebagai orang dengan berniat berinvestasi jangka pendek pada BTC, pastikan Anda mengumpulkan berbagai berita bitcoin yang membantu memasang strategi investasi.

Sifatnya yang masih ujicoba
Sejak diluncurkan tahun 2009, sifat BTC masih uji coba, memungkinkan Anda terkena dampak negatif jika tidak pintar memanfaatkan bitcoin. Oleh karena itu, Anda harus terus memantau berita terkait BTC yang bisa membantu Anda menentukan strategi apa yang perlu diambil untuk jangka pendek maupun jangka panjang transaksi.

Pola penyimpanan
Mengingat BTC adalah mata uang dengan transaksi secara virtual melalui peer to peer, Anda harus menyediakan space data di komputer dan dipastikan mampu menyimpan semua data transaksi berlangsung pada akun sebagai back up rutin.

Tidak ada pajak maupun peraturan pemerintah yang mengikat
Transaksi dengan BTC tidak memiliki aturan pasti dari pemerintah. Pemakaian BTC juga dinilai menguntungkan mengingat BTC tidak terbebani pajak, namun justru disinilah Anda perlu berhati-hati. Mengingat tidak adanya peraturan mengikat selama transaksi justru meningkatkan resiko pencurian maupun hacking virtual tentu bisa membahayakan akun Anda.

Resiko finansial sangat tinggi
Satu lagi masalah muncul dari nilai BTC hingga sekarang tidak stabil, yaitu resiko finansial sangat tinggi. Resiko terjadi umumnya berhubungan dengan kerugian berlipat ganda ketika nilai tukar BTC turun. Untuk menghindari hal ini, hindari menimbun BTC dalam jumlah sangat besar jika Anda tidak berencana bertransaksi dengan siapapun dalam waktu dekat.

Transaksi yang sudah dilakukan tidak dapat dibatalkan
Meski website BTC resmi memiliki fitur bisa mendeteksi kesalahan akun tujuan ketika Anda ingin melakukan transaksi, website ini tidak bisa digunakan untuk membatalkan transaksi yang sudah terjadi. Secara umum, transaksi yang Anda lakukan akan langsung terverifikasi dalam hitungan detik dan bisa diakumulasikan untuk beberapa peer to peer akun lain. Oleh karena itu, pada saat Anda melakukan transaksi, pastikan terlebih dahulu alamat akun tujuan bukanlah akun palsu atau phising (tiruan), karena hal tersebut bisa memberikan kerugian besar bagi Anda di kemudian hari.

Transaksi yang mudah terganggu stabilitas internet
Ketika jaringan internet Anda gunakan tidak stabil, akan lebih baik jika Anda tidak melakukan transaksi menggunakan mata uang BTC. Hal tersebut karena resiko kehilangan mata uang sebagai akibat dari error kriptografi yang dilakukan cukup tinggi. Semoga dengan berbagai bahasan diatas, Anda makin memahami bagaimana penggunaan bitcoin dan alternatif metode yang bisa dilakukan saat terjadi masalah transaksi. 
Sebaiknya sebelum berkecimpung di dunia bitcoin anda saya sarankan untuk bergabung di forum atau jejaring social membahas khusus ecurrency ini. seperti artikel yang telah saya tulis sebelum nya membahas : jejaring social bitcoin, gabung dan dapat banyak free bitcoin disana kita dapat berdiskusi secara global di seluruh dunia yang membahas bitcoin.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.