Cara Menghapus Pelanggan Tidak Aktif di GetResponse
Berbicara mengenai list building, semakin banyak pelanggan semakin bagus? Tidak selalu. Mengapa?
Karena mungkin saja banyak pelanggan tidak aktif, yaitu pelanggan yang tidak pernah membaca satu pun email Anda, entah itu autoresponder maupun newsletter (broadcast).
Solusinya? Anda mesti menghapus mereka dari daftar pelanggan Anda.
Sebagai contoh, saya menghapus lebih dari 5.400 pelanggan Blogodolar yang tidak aktif. Jika tidak dihapus, saya mesti membayar $149 per bulan pada GetResponse untuk 14.000 lebih pelanggan.
Tentu saja, cara menghapus pelanggan tidak aktif bergantung software email marketing yang digunakan. Jika Anda menggunakan GetResponse, berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.
1. Log in ke akun GetResponse Anda.
2. Pada fitur Contacts, pilih Search Contacts.
3. Klik Advanced search.
4. Pilih Campaign, Autoresponder sequence, dan Subscription date. Pada contoh ini, saya akan menghapus pelanggan tidak aktif dari 1 Maret 2016 s.d 30 Mei 2016. Setelah itu, klik Add Condition.
5. Pada bagian Add condition yang muncul, pilih Message not opened, all, dan Never. Setelah itu, pilih all pada Match.
6. Klik Show Contacts.
7. Anda akan melihat daftar pelanggan yang tidak aktif. Pada contoh ini, nama-nama pelanggan ditutupi sebagian demi privasi.
8. Lihat kanan bawah daftar tersebut. Pada Show rows, pilih jumlah yang Anda kehendaki. Sebagai contoh, saya memilih 250 agar pelanggan tidak aktif yang berjumlah 174 terlihat semuanya.
9. Kembali ke bagian kiri atas daftar pelanggan, lalu pilih Choose All.
10. Gulung layar komputer Anda ke bawah. Pada bagian Actions, pilih Remove from account untuk menghapus semua pelanggan tidak aktif terpilih dari akun GetResponse Anda.
11. Klik OK pada notifikasi yang muncul.
12. Setelah beberapa saat, Anda akan melihat bahwa pelanggan tidak aktif terpilih sudah dihapus.
Pelanggan tidak aktif merupakan pelanggan yang tidak bernilai untuk bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda mesti menghapus mereka secara reguler (misalnya 2 bulan sekali) agar jumlah pelanggan Anda menjadi “lebih sehat”. Untuk menghapusnya, cobalah langkah-langkah di atas jika Anda menggunakan GetResponse.
Tidak ada komentar: